Studium General With Prof. Muhammad D. Amri from National Centre for Mathematics and Physics (NCMP), Saudi Arabia


STUDIUM GENERAL

                Setelah lumayan lama santri trensains tidak dipertemukan dengan syekh dari luar negeri, kini momen tersebut kembali kita rasakan pada hari ahad, 5 Agustus 2018. Diadakannya stadium general ini tepat sehari setelah berlangsungnya acara STUDENT ARTS COLLABORATION CHAPTER 4. Meskipun santri telah dicapaikan dengan acara semalaman hingga pukul 02.00 WIB. Namun tak urungkan semangat santri untuk tetap mengikuti acara stadium general dikeesokan hari.
                General stadium dinarasumberi oleh Prof. Muhammad D. Al-Amri dari Saudi Arabia, yang kebetulan bermukim di Surabaya. Beliau merupakan scientist NCMP (nasional centre for mathematics and physics). Kedatangan beliau di SMA Trensains Sragen ini sekaligus bertujuan untuk survey lokasi mana yang tepat diberikan wakaf dari Alm. Ayahanda beliau.
                Saat seminar berlangsung, banyak santri yang aktif menanggapi petanyaan-pertanyaan ilmiah yang diajukan oleh syekh Amri. Santri berlomba-lomba menafsirkan pekataan sang syekh menjadi Bahasa Indonesia yang mudah dipahami, syekh Amri yang berbahasa Inggris pun seperti menguji kemampuan daya tangkap santri Trensains tentang analogi Air, evaporasi, teori penguapan air, dan lain sebagainya. Merasa tertantang untuk menjawab, santri pun mulai ramai dengan berbagai tebakan-tebakan ilmiah. Yang akhirnya tebakan tersebut dapat dipecahkan oleh akhina Raufan Sahistya W, dari kelas 12-IPA-1.
                Tak hanya membahas persoalan ilmiah, dalam seminarnya syekh Amri juga berbicra tentang peran pemuda dan ilmu pengetahuan dalam Islam. Beliau menerangkan bahwasanya Science menurut Islam adalah layaknya mesin pada kendaraan yang mana kendaraan tersebut takkan bias melaju tanpa adanya mesin yang hebat. Banyak sekali motivasi-motivasi yang beliau berikan kepada santri.
                Saat sesi perfotoan dipenghujung acara, ada beberapa santri yang mencuri-curi kesempatan mendapatkan tanda tangan dari sang syekh atau sekadar bisa bersalaman dengan belliau sambil sesekali mencoba bercakap-cakap dengan aksen Bahasa Inggris. Semoga dengan pertemuan singkat ini dapat memberikan kesan yang baik dan memperlancar wakaf yang hendak beliau berikan pada SMA Trensains Muhammadiyah Sragen.

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama