Gravity Problem

 Gravity Problem

Oleh: Achyar Mukminin, S.Pd.


Pernah ga sih, kalian terjebak dalam situasi yang ngga sesuai dengan keinginan kita? Saat realita bertolak belakang dengan rencana, bahkan keadaan memaksa kita untuk menerimanya. Dan memang tidak ada hal yang bisa dilakukan karena kita tidak punya kendali atas hal tersebut.

                Nah, itulah yang dimaksud dengan gravity problem. Bill Burnett dalam bukunya “Designing Your Life” mengatakan bahwa gravity problem atau permasalahan gravitasi adalah permasalahan yang nggak bisa kita ubah sama sekali. Actually, gravity problem ini lebih mengarah pada keadaan yang berada di luar kendali kita. Namun, secara tidak sadar menjadi masalah untuk diri kita.

                Lalu apa sih faktor penyebabnya? Salah satu faktor pemicu gravity problem adalah perspektif kita sendiri. Karena terkadang kita menjadikan faktor eksternal yang notabene tidak bisa kita kendalikan menjadi masalah yang berujung membebani pikiran.

                But don’t worry, karena kita bisa menghadapi gravity problem dengan cara penerimaan dan merelakan. Penerimaan yaitu kita harus sadar bahwa hal-hal tersebut merupakan hal yang berada di luar kuasa kita dan kita tidak punya andil dalam hal-hal tersebut. Selanjutnya kita harus merelakan semua berjalan apa adanya. Let it flow, biarkan semua mengalir sesuai kehendak semesta. Bukan berarti kita angkat tangan dan berlepas diri begitu saja, tapi cukup sadar atas kemampuan dan batasan yang kita punya.

                Life goes on, guys. Jadi jangan stuck sama hal-hal yang emang ga sepantasnya kita jadikan beban pikiran. Daripada jadi overthinking dan terjebak dalam gravity problem, lebih baik fokuskan pikiran pada banyak hal yang lebih bermanfaat.  

Beri Komentar

Lebih baru Lebih lama